PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan sumber daya manusia yang
berkualitas. Dalam hal tersebut peranan pendidikan sangat diperlukan. Selain
itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat pesat, sehingga
dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan pola berpikir cerdas
melalui pendidikan. Salah satu bidang ilmu dalam pendidikan yang mampu melatih
pola berpikir tersebut adalah pendidikan matematika. Terkait disiplin ilmu
matematika dibutuhkan sebuah konsep dasar sebagai acuan atau pedoman untuk
menyelesaikannya dimana konsep-konsep tersebut ada didalam ilmu matematika. Oleh
karena itu, pelajaran matematika sudah diberikan mulai dari pendidikan
dasar sampai pendidikan lanjut. Namun
tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran tersebut.
Kesulitan-kesulitan
yang dialami siswa sangatlah bervariasi. Padahal dalam proses pembelajaran
matematika itu ada saling keterkaitan antara materi yang akan disampaikan
dengan materi sebelumnya. Jika siswa tidak dapat memahami dasar atau konsep
dari materi yang akan dipelajari maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan
dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru, meskipun soal tersebut
tergolong mudah. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk menelusuri
kesalahan yang mungkin atau sering dilakukan dalam menyelesaikan
soal-soal. Salah satu materi atau
kompetensi yang harus dikuasai siswa SMP kelas IX adalah mengenai terutama dalam pokok bahasan merasionalkan
penyebut bentuk akar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menulis terkait
kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar.
Kesulitan-kesulitan
yang dialami siswa ini dapat dilihat
dari bagaimana cara siswa menyelesaikan soal tersebut. Kemudian dari langkah pekerjaannya
diperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Sehingga nantinya guru
dapat mengevaluasi dimana letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
tersebut.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa
saja kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan
penyebut bentuk akar?
2.
Apa peyebab kesalahan yang dialami
siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar?
3.
Bagaimana alternatif pemecahan masalah hasil analisis
kesalahan siswa tersebut?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui kesulitan apa
saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk
akar,
2.
Untuk mengetahui penyebab
kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut
bentuk akar,
3.
Untuk mengetahui alternatif pemecahan masalah hasil analisis
kesalahan siswa tersebut,
D. Manfaat
Penulisan
1.
Bagi
penulis, memberikan kesempatan penulis berfikir secara mendalam serta
membiasakan penulis peka terhadap masalah-masalah kesulitan belajar yang
dialami siswa dan menyiapkan penulis dalam memberikan solusi yang tepat dalam
pemecahan masalah khususnya soal-soal matematika di SMP.
2.
Bagi
guru, mengevaluasi hasil proses belajar mengajar terhadap pesrta didiknya.
3. Bagi Siswa, menjadi pedoman dalam belajar yang efektif
dan efisien guna tercapainya kompetensi yang diharapkan.
Pendahuluan from nurfauz1
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment