Tuesday, August 23, 2016

masalah dalam merasionalisasi bentuk akar



PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal tersebut peranan pendidikan sangat diperlukan. Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat pesat, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan pola berpikir cerdas melalui pendidikan. Salah satu bidang ilmu dalam pendidikan yang mampu melatih pola berpikir tersebut adalah pendidikan matematika. Terkait disiplin ilmu matematika dibutuhkan sebuah konsep dasar sebagai acuan atau pedoman untuk menyelesaikannya dimana konsep-konsep tersebut ada didalam ilmu matematika. Oleh karena itu, pelajaran matematika sudah diberikan mulai dari pendidikan dasar  sampai pendidikan lanjut. Namun tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran tersebut.
Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa sangatlah bervariasi. Padahal dalam proses pembelajaran matematika itu ada saling keterkaitan antara materi yang akan disampaikan dengan materi sebelumnya. Jika siswa tidak dapat memahami dasar atau konsep dari materi yang akan dipelajari maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru, meskipun soal tersebut tergolong mudah. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk menelusuri kesalahan yang mungkin atau sering dilakukan dalam menyelesaikan soal-soal.  Salah satu materi atau kompetensi yang harus dikuasai siswa SMP kelas IX adalah mengenai  terutama dalam pokok bahasan merasionalkan penyebut bentuk akar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menulis terkait kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar.
Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa  ini dapat dilihat dari bagaimana cara siswa menyelesaikan soal tersebut. Kemudian dari langkah pekerjaannya diperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Sehingga nantinya guru dapat mengevaluasi dimana letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tersebut.
B.       Rumusan masalah
1.      Apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar?
2.      Apa peyebab kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar?
3.      Bagaimana  alternatif pemecahan masalah hasil analisis kesalahan siswa tersebut?

C.      Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar,
2.      Untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal merasionalkan penyebut bentuk akar,
3.      Untuk mengetahui  alternatif pemecahan masalah hasil analisis kesalahan siswa tersebut,

D.      Manfaat Penulisan
1.      Bagi penulis, memberikan kesempatan penulis berfikir secara mendalam serta membiasakan penulis peka terhadap masalah-masalah kesulitan belajar yang dialami siswa dan menyiapkan penulis dalam memberikan solusi yang tepat dalam pemecahan masalah khususnya soal-soal matematika di SMP.
2.      Bagi guru, mengevaluasi hasil proses belajar mengajar terhadap pesrta didiknya.
3.      Bagi Siswa, menjadi pedoman dalam belajar yang efektif dan efisien guna tercapainya kompetensi yang diharapkan.
 


Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.

No comments:

Post a Comment