A. Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
Bidang Aljabar
2.1
Melatih diri memiliki pola hidup yang disiplin,
konsisten dan jujur sebagai dampak mempelajari konsep dan aturan eksponen dan
logaritma serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
Bidang Aljabar
3.1
Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma
sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa
kebenaran langkah-langkahnya
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Bidang
Aljabar
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta
menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti
kebenarannya
|
indikator
kognitif
3.1.1.
Menentukan
selesaian operasi aljabar logaritma
Afektif
Nilai karakter bangsa
3.1.2. Membiasakan bersikap religius
3.1.3. Membiasakan bersikap tanggung jawab
3.1.4. Membiasakan bersikap demokratis
Keterampilan social
3.1.5. Membiasakan sikap bertanya, berpendapat, mau
mendengar orang lain
Psikomotor
3.1.6. Mendemonstrasikan selesaian operasi aljabar
logaritma
B. Tujuan Pembelajaran
kognitif
3.1.7.
siswa dapat menentukan selesaian operasi aljabar
logaritma melalui diskusi kelompok dengan dipandu LKS dengan langkah-langkah yang benar
Afektif
Nilai karakter bangsa
3.1.7.
Siswa
dilatihkan sikap religius sehingga terbiasa berdoa ketika mengawali pelajaran,
mengucapan terima kasih/bersyukur ketika mengakhiri pelajaran/menerima kabar
gembira
3.1.8.
Siswa dilatihkan sikap teliti atas tugas yang
diberikan oleh guru
3.1.9.
Siswa dilatihkan sikap demokratis dalam melakukan
diskusi kelompok/kelas
Keterampilan social
3.1.7.
Siswa dilatihkan
sikap bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain dalam diskusi
Psikomotor
3.1.7. Siswa dapat mendemonstrasikan hasil selesaian operasi ljabar logaritma di depan kelas dengan percaya
diri
C. Materi Pembelajaran
Materi ajar :
bentuk logaritma
D. Metode Pembelajaran
Strategi : Siswa Aktif Belajar
Pendekatan : berbasis pengalaman
Metode : Ceramah ,Demonstrasi , Tanya Jawab,Penugasan
Model : STAD
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 1 dan 2
Sintak
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Strategi,metode,pendekatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam
Assalamu’alaikum wr.wb.
2. Siswa menjawab salam guru
3. Salah satu siswa memimpin doa bersama untuk
mengawali belajar
|
Siswa aktif belajar
Tanya jawab
|
Religius
|
5’
|
|
-
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
Berbasis pengalaman
|
Berpendapat
|
5’
|
|
|
Ceramah
|
Teliti
|
5’
|
Inti
|
|
|
|
|
|
-
Eksplorasi
|
|
|
|
Membentuk kelompok
|
|
Penugasan
|
Demokratis, tanggung jawab
|
5’
|
Menyajikan materi
|
|
Ceramah
|
Teliti, mendengar orang lain
|
20’
|
|
-
Elaborasi
|
|
|
|
Tugas kelompok
|
|
Siswa aktif belajar
|
Tanyajawab , berpendapat, kerjasama, mau
mendengar
|
20’
|
Membimbing kelompok
|
|
Ceramah
|
Mau mendengar dan menerima pendapat
|
|
Memberi evaluasi
|
|
Demonstrasi
|
Berpendapat
|
15’
|
Memberi penghargaan
|
|
|
Demokratis
|
|
|
-
Konfirmasi
|
|
|
|
|
|
Ceramah,Tanya jawab
|
Tanya jawab
|
10’
|
Penutup
|
|
|
|
|
|
|
Ceramah
|
Mau mendengar
|
5’
|
|
|
Ceramah
|
|
|
F. Sumber dan Media
Pembelajaran
- Sumber
Mulyati,yanti dkk. Matematika Untuk SMA dan MA
Kelas X. 2005. Jakarta:Piranti Darma Kalokatama.
- Media
o LKS
o Buku Paket Matematika
G. Penilaian
a.
Prosedur : penilaian proses
b.
Jenis penilaian : non tes
c.
Bentuk
instrumen : lembar penilaian kinerja
d.
Tindak lanjut : pengambilan keputusan
didasarkan pada KKM individual dan
KKM klasikal. Apabila KKM klasikal belum
tercapai maka bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM individual akan diberikan
pengayaan dan yang belum mencapai KKM individual akan diberikan remidi.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
Guru,
|
|
|
|
|
|
|
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment