RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi
Waktu : 16 x 40 menit
A. Standar
Kompetensi : 5. Memahami
sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya , serta menentukan
ukurannya
B. Kompetensi
Dasar :
5.3. Menghitung
luas permukaan dan volume kubus, balok,
C. Indikator
1.
Kognitif
5.3.1
Menemukan rumus
luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
5.3.2
Menghitung luas
permukaan kubus, balok, prisma dan limas
5.3.3
Menentukan rumus
volume kubus, balok, prisma, dan limas
5.3.4
Menghitung volume
kubus, balok, prisma, dan
limas.
2.
Afektif:
Nilai Karakter Bangsa
Membiasakan bersikap religius.
Keterampilan sosial
Membiasakan sikap Berani bertanya, berpendapat, mau
mendengar orang lain, bekerjasama
3.
Psikomotor
5.3.1 Mendemonstrasikan
hasil temuan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
5.3.3
Mendemonstrasikan hasil temuan
rumus volume kubus,
balok, limas dan prisma tegak
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif :
5.3.1 Siswa dapat menemukan rumus luas kubus, balok,
prisma, dan limas dengan benar melalui diskusi dengan kelompok/ kelas.
5.3.2
Siswa
dapat menghitung luas permukaan kubus, balok,
prisma, dan limas
dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok/kelas
5.3.3 Siswa dapat menemukan rumus volume kubus, balok, prisma, dan limas dengan benar melalui diskusi dengan
kelompok/
kelas
5.3.4
Siswa
dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, dan limas dengan benar
setelah melakukan diskusi kelompok/kelas
2.
Afektif
Nilai Karakter
Bangsa
5.3.1.1.Siswa dilatihkan karakter religius sehingga
terbiasa berdoa ketika mengawali pelajaran, mengucapkan terimakasih/ bersukur
ketika mengakhiri pelajaran/ menerima kabar gembira.
5.3.3.1.Siswa dilatihkan karakter religius sehingga
terbiasa berdoa ketika mengawali pelajaran, mengucapkan terimakasih/ bersukur
ketika mengakhiri pelajaran/ menerima kabar gembira
Keterampilan sosial
5.3.1.2.Siswa dilatihkan keterampilan sosial sikap Berani bertanya, berpendapat, mau
mendengar orang lain, bekerjasama dalam diskusi sehingga terbiasa bersikap
berani bertanya, berpendapat, mau mendengarkan pendapat orang lain dan bekerja
sama.
5.3.1.2.Siswa dilatihkan keterampilan sosial sikap Berani bertanya, berpendapat, mau
mendengar orang lain, bekerjasama dalam diskusi sehingga terbiasa bersikap
berani bertanya, berpendapat, mau mendengarkan pendapat orang lain dan bekerja
sama.
3.
Psikomotor:
5.3.2.1.Siswa
dapat mendemontrasikan cara menemukan solusi persamaan kuadrat didepan kelas
dengan percaya diri.
5.3.4.1.Siswa
dapat mendemontrasikan cara menemukan solusi persamaan kuadrat didepan kelas
dengan percaya diri.
E. Materi Pembelajaran
Bangun ruang sisi datar
Model/Metode Pembelajaran
a. Model :
Pembelajaran Kooperatif, Tipe SFE
b. Strategi : siswa aktif belajar
c. Pendekatan : scientific
d. Metode : Ceramah, Tanya jawab, Demontrasi, Diskusi
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
kedua
Tahap
(Sintaks)
|
Kegiatan
(Skenario
Pembelajaran)
|
Strategi/Pende
katan/Metode
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam Assalamu’alaikum wr.wb.
2. Siswa menjawab salam guru
3. Salah satu siswa memimpin do'a bersama untuk mengawali belajar
4. Salah satu siswa menyebutkan teman-teman yang tidak hadir dalam KBM hari
ini
|
siswa aktif,
|
religius
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1:
Penyampaian
kompetensi yang dicapai
|
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Dengan cara
mengaitkan materi hari ini dengan materi jaring-jaring bangun ruang
dan rumus luas bidang datar
6. Melalui
media powerpoint siswa diminta
untuk mengamati jaring-jaring bangun ruang yang menjadi contoh misal kubus
|
Ceramah
tanya jawab
|
Mau mendengar
Bertanya
berpendapat
|
20 menit
|
Fase 2:
Penyajian materi
|
7. Guru bersama siswa mendiskusi-kan jaring-jaring bangun ruang.
8.
Guru membentuk kelompok secara heterogen
|
Diskusi
|
Mau mendengar
|
5 menit
|
Fase 3:
Siswa diberi
kesempatan untuk menjelaskan kepada siswa lainnya melalui bagan atau peta
konsep.
|
9. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat
bagan/ peta konsep
10. Siswa menanyakan apa yang belum ia pahami dari
permasalahan yang diberikan guru
11. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya dan mengumpulkan berbagai informasi. Selama
siswa bekerja didalam kelompok guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk
terlibat diskusi
12. Setelah
siswa memperoleh berbagai informasi, selanjutnya siswa berdiskusi untuk
|
Siswa aktif
Diskusi
Penemuan terbimbing
|
Bekerjasama
bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain
|
90 menit
|
Fase 4 :
Guru menyimpulkan
pendapat dari siswa:
|
13. Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok mendemonstrasikan hasil dari temuan
rumus luas permukaan bangun ruang didepan kelas
14. Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi
dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
|
Siswa aktif
Diskusi
Demonstrasi
|
|
25 menit
|
Penutup
|
15. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. Melalui tanya
jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang materi yang
dipelajari.
16. Guru
memberikan tugas individu
17. Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan
syukur setelah KBM selesai
18. Guru
mengucapkan salam
|
|
|
10 menit
|
Pertemuan ketiga
Tahap
(Sintaks)
|
Kegiatan
(Skenario
Pembelajaran)
|
Strategi/Pende
katan/Metode
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam Assalamu’alaikum wr.wb.
2. Siswa menjawab salam guru
3. Salah satu siswa memimpin do'a bersama untuk mengawali belajar
4. Salah satu siswa menyebutkan teman-teman yang tidak hadir dalam KBM hari
ini
|
siswa aktif,
|
religius
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1:
Penyampaian
kompetensi yang dicapai
|
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Dengan cara
mengaitkan materi hari ini dengan temuan rumus luas permukaan yang telah ditemukan
sebelumnya
|
Ceramah
tanya jawab
|
Mau mendengar
Bertanya
berpendapat
|
20 menit
|
Fase 2:
Penyajian materi
|
6. Guru bersama siswa mendiskusi-kan temuan rumus luas permukaan yang telah ditemukan
sebelumnya
7.
Guru membentuk kelompok secara heterogen dan
memberikan soal
|
Diskusi
|
Mau mendengar
|
5 menit
|
Fase 3:
Siswa diberi
kesempatan untuk menjelaskan kepada siswa lainnya melalui bagan atau peta
konsep.
|
8. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat
bagan/ peta konsep
9. Siswa menanyakan apa yang belum ia pahami dari
permasalahan yang diberikan guru
10. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya dan mengumpulkan berbagai informasi. Selama
siswa bekerja didalam kelompok guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk
terlibat diskusi
11. Setelah
siswa memperoleh berbagai informasi, selanjutnya siswa berdiskusi untuk
|
Siswa aktif
Diskusi
Penemuan terbimbing
|
Bekerjasama
bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain
|
90 menit
|
Fase 4 :
Guru menyimpulkan
pendapat dari siswa:
|
12. Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok mendemonstrasikan hasil diskusi
didepan kelas
13. Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi
dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
|
Siswa aktif
Diskusi
Demonstrasi
|
|
25 menit
|
Penutup
|
14. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. Melalui tanya
jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang materi yang
dipelajari.
15. Guru
memberikan tugas individu
16. Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan
syukur setelah KBM selesai
17. Guru
mengucapkan salam
|
|
|
10 menit
|
Pertemuan ke empat
Tahap
(Sintaks)
|
Kegiatan
(Skenario
Pembelajaran)
|
Strategi/Pende
katan/Metode
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam Assalamu’alaikum wr.wb.
2. Siswa menjawab salam guru
3. Salah satu siswa memimpin do'a bersama untuk mengawali belajar
4. Salah satu siswa menyebutkan teman-teman yang tidak hadir dalam KBM hari
ini
|
siswa aktif,
|
religius
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1:
Penyampaian
kompetensi yang dicapai
|
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Dengan cara
mengaitkan materi hari ini dengan kehidupan sehari-hari
|
Ceramah
tanya jawab
|
Mau mendengar
Bertanya
berpendapat
|
20 menit
|
Fase 2:
Penyajian materi
|
6. Guru bersama siswa mendiskusi-kan masalah terkait volume bangun ruang.
7. Guru
memberikan contoh volume kubus dan siswa disuruh memperhatikan
8.
Guru membentuk kelompok secara heterogen
|
Diskusi
|
Mau mendengar
|
5 menit
|
Fase 3:
Siswa diberi
kesempatan untuk menjelaskan kepada siswa lainnya melalui bagan atau peta
konsep.
|
9. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat
bagan/ peta konsep
10. Siswa menanyakan apa yang belum ia pahami dari
permasalahan yang diberikan guru
11. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya dan mengumpulkan berbagai informasi. Selama
siswa bekerja didalam kelompok guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk
terlibat diskusi
12. Setelah
siswa memperoleh berbagai informasi, selanjutnya siswa berdiskusi untuk
|
Siswa aktif
Diskusi
Penemuan terbimbing
|
Bekerjasama
bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain
|
90 menit
|
Fase 4 :
Guru menyimpulkan
pendapat dari siswa:
|
13. Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok mendemonstrasikan hasil dari temuan
rumus volume bangun ruang didepan kelas
14. Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi
dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
|
Siswa aktif
Diskusi
Demonstrasi
|
|
25 menit
|
Penutup
|
15. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. Melalui tanya
jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang materi yang
dipelajari.
16. Guru
memberikan tugas individu
17. Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan
syukur setelah KBM selesai
18. Guru
mengucapkan salam
|
|
|
10 menit
|
Pertemuan kelima
Tahap
(Sintaks)
|
Kegiatan
(Skenario
Pembelajaran)
|
Strategi/Pende
katan/Metode
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam Assalamu’alaikum wr.wb.
2. Siswa menjawab salam guru
3. Salah satu siswa memimpin do'a bersama untuk mengawali belajar
4. Salah satu siswa menyebutkan teman-teman yang tidak hadir dalam KBM hari
ini
|
siswa aktif,
|
religius
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1:
Penyampaian
kompetensi yang dicapai
|
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa. Dengan cara
mengaitkan materi hari ini dengan temuan rumus volume yang telah ditemukan
sebelumnya
|
Ceramah
tanya jawab
|
Mau mendengar
Bertanya
berpendapat
|
20 menit
|
Fase 2:
Penyajian materi
|
6. Guru bersama siswa mendiskusi-kan temuan rumus volume bangun ruang yang telah
ditemukan sebelumnya
7.
Guru membentuk kelompok secara heterogen dan
memberikan soal
|
Diskusi
|
Mau mendengar
|
5 menit
|
Fase 3:
Siswa diberi
kesempatan untuk menjelaskan kepada siswa lainnya melalui bagan atau peta
konsep.
|
8. Masing-masing kelompok diminta untuk membuat
bagan/ peta konsep
9. Siswa menanyakan apa yang belum ia pahami dari
permasalahan yang diberikan guru
10. Siswa
berdiskusi dengan kelompoknya dan mengumpulkan berbagai informasi. Selama
siswa bekerja didalam kelompok guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk
terlibat diskusi
11. Setelah
siswa memperoleh berbagai informasi, selanjutnya siswa berdiskusi untuk
|
Siswa aktif
Diskusi
Penemuan terbimbing
|
Bekerjasama
bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain
|
90 menit
|
Fase 4 :
Guru menyimpulkan
pendapat dari siswa:
|
12. Salah
satu siswa dari masing-masing kelompok mendemonstrasikan hasil diskusi
didepan kelas
13. Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi
dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan
|
Siswa aktif
Diskusi
Demonstrasi
|
|
25 menit
|
Penutup
|
14. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. Melalui tanya
jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan tentang materi yang
dipelajari.
15. Guru
memberikan tugas individu
16. Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan
syukur setelah KBM selesai
17. Guru
mengucapkan salam
|
|
|
10 menit
|
G. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Sumber : Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika
Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTS. Jakarta: Depdiknas.
b. Alat : gunting,
penggaris, bulpoin/ pensil.
c. Media : Powerpoint/ Alat peraga
H. Penilaian
a. Prosedur :
Penilaian Proses dan Penilaian Akhir
b. Jenis Penilaian :
Non tes = Unjuk Kerja , Tes = Tes
Tertulis
c. Bentuk Instrumen : Pedoman
Kinerja Siswa, Soal Uraian, lembar penilaian diri
d. Tindak Lanjut : Pengambilan
keputusan didasarkan pada perhitungan KKM individual dan klasikal. Apabila KKM
klasikal belum tercapai maka bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM
individual akan diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang belum mencapai
KKM individual akan diberikan remidi.
|
|
Nganjuk
|
Mengetahui,
Kepala sekolah SMP
|
|
Guru bidang studi
|
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment