Friday, February 17, 2017

Pengembangan Instrumen Penilaian KD 1.6. Aljabar




Mata Pelajaran    :Matematika
Kelas/ Semester  :VIII/1(Satu)
Standar kompetensi     : ALJABAR
  1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi dasar   : 1.6.menentukan gradien,persamaan,dan grafik garis lurus
Indikator                    :
Kognitif
1.6.1.Menjelaskan bentuk umum persamaan garis lurus
1.6.2.Mengenal pengertian gradien dari suatu garis lurus
1.6.3. Menentukan gradien garis lurus
1.6.4.Menyatakan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius

Afektif
A.     Nilai kepribadian bangsa
1.6.1.1.Mengelola rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi persamaan garis lurus
1.6.1.2.Menampilkan sifat teliti dalam memilih persamaan garis lurus sesuai dengan gambar yang diberikan
1.6.2.1.Membangun rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi gradien dari dari suatu garis
1.6.3.1.Menanamkan sikap teliti dengan memelajari materi gais lurus melalui operasi hitung perbandingan komponen garis lurus untuk menentukan gradien tertentu
1.6.4.1.menampilkan sifat teliti dalam menentukan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu
B.     Keterampilan sosial
1.6.1.1.Menampilkan sikap tanya jawab dalam diskusi

Psikomotor
1.6.1.1.1.Menggabungkan beberapa garis yang memilki sifat yang sama
1.6.2.1.1.Memilah beberapa garis lurus yang merupakan gradien
1.6.3.1.1.mendemonstrasikan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius
1.6.4.1.1.melatih keterampilan dalam membuat garis lurus dengan menggunakan penggaris
Tujuan pembelajaran:
Kognitif
1.6.1.Siswa dapat menjelaskan bentuk umum persamaan garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan benar
1.6.2. Siswa dapat mengenal pengertian gradien dari suatu garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan benar
1.6.3. Siswa dapat menentukan gradien garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan benar
1.6.4 Siswa dapat.menyatakan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius setelah mendapat penjelasan dari guru dengan benar
Afektif
A.     Nilai kepribadian bangsa
1.6.1.1. Siswa dapat mengelola rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi persamaan garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.1.2. Siswa dapat menampilkan sifat teliti dalam memilih persamaan garis lurus sesuai dengan gambar yang diberikan setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.2.1. Siswa dapat membangun rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi gradien dari dari suatu garis setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.3.1. Siswa dapat menanamkan sikap teliti dengan memelajari materi gais lurus melalui operasi hitung perbandingan komponen garis lurus untuk menentukan gradien tertentu setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.4.1. Siswa dapat menampilkan sifat teliti dalam menentukan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
B.     Keterampilan sosial
1.6.1.1. Siswa dapat menampilkan sikap tanya jawab dalam diskusi setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
Psikomotor
1.6.1.1.1. Siswa dapat menggabungkan beberapa garis yang memilki sifat yang sama setelah mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
1.6.2.1.1. Siswa dapat memilah beberapa garis lurus yang merupakan gradien setelah mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
1.6.3.1.1. Siswa dapat mendemonstrasikan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius setelah mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
1.6.4.1.1. Siswa dapat melatih keterampilan dalam membuat garis lurus dengan menggunakan penggaris setelah mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
Kisi –kisi penilaian
Nomor indikator

Nomor tujuan pembelajaran
Penilaian
Kunci jawab
Prosedur
Jenis penilaian
Bentuk instrumen
Kognitif
1.6.1

1.6.2

1.6.1

1.6.2

Proses

Proses

Non tes

Non tes

Lembar pengamatan
Lembar pengamatan

Rubrik
1.6.3

1.6.3
Proses
Tes
Soal  1
Rubrik kognitif 1
1.6.4
1.6.4
Proses
Tes
Soal  2
Rubrik kognitif 2




Soal  3
Rubrik kognitif 3




Soal  4
Rubrik kognitif 4
Afektif





1.6.1.1
1.6.1.2
1.6.2.1
1.6.3.1
1.6.4.1
1.6.1.1
1.6.1.2
1.6.2.1
1.6.3.1
1.6.4.1
Proses
Non tes
Lembar pengamatan sikap
Rubrik afektif
Psikomotor
1.6.1.1.1
1.6.2.1.1
1.6.3.1.1
1.6.4.1.1

1.6.1.1.1
1.6.2.1.1
1.6.3.1.1
1.6.4.1.1

Proses

Non tes

Lembar pengamatan kinerja

Rubrik psikomotor

 

Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.

No comments:

Post a Comment