Mata Pelajaran :Matematika
Kelas/ Semester :VIII/1(Satu)
Standar kompetensi : ALJABAR
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi,
dan persamaan garis lurus.
Kompetensi dasar : 1.6.menentukan
gradien,persamaan,dan grafik garis lurus
Indikator :
Kognitif
1.6.1.Menjelaskan bentuk umum
persamaan garis lurus
1.6.2.Mengenal pengertian
gradien dari suatu garis lurus
1.6.3.
Menentukan gradien garis lurus
1.6.4.Menyatakan
persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius
Afektif
A.
Nilai kepribadian bangsa
1.6.1.1.Mengelola rasa ingin
tahu siswa dengan mempelajari materi persamaan garis lurus
1.6.1.2.Menampilkan sifat
teliti dalam memilih persamaan garis lurus sesuai dengan gambar yang diberikan
1.6.2.1.Membangun rasa ingin
tahu siswa dengan mempelajari materi gradien dari dari suatu garis
1.6.3.1.Menanamkan sikap teliti
dengan memelajari materi gais lurus melalui operasi hitung perbandingan
komponen garis lurus untuk menentukan gradien tertentu
1.6.4.1.menampilkan sifat
teliti dalam menentukan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu
B.
Keterampilan sosial
1.6.1.1.Menampilkan sikap tanya
jawab dalam diskusi
Psikomotor
1.6.1.1.1.Menggabungkan
beberapa garis yang memilki sifat yang sama
1.6.2.1.1.Memilah beberapa
garis lurus yang merupakan gradien
1.6.3.1.1.mendemonstrasikan
persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius
1.6.4.1.1.melatih keterampilan
dalam membuat garis lurus dengan menggunakan penggaris
Tujuan pembelajaran:
Kognitif
1.6.1.Siswa dapat menjelaskan
bentuk umum persamaan garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan
benar
1.6.2. Siswa dapat mengenal
pengertian gradien dari suatu garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru
dengan benar
1.6.3.
Siswa dapat menentukan
gradien garis lurus setelah mendapat penjelasan dari guru dengan benar
1.6.4 Siswa dapat.menyatakan
persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam koordinat cartesius setelah mendapat penjelasan
dari guru dengan benar
Afektif
A. Nilai
kepribadian bangsa
1.6.1.1. Siswa dapat mengelola
rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi persamaan garis lurus setelah
mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.1.2. Siswa dapat menampilkan
sifat teliti dalam memilih persamaan garis lurus sesuai dengan gambar yang
diberikan setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.2.1. Siswa dapat membangun
rasa ingin tahu siswa dengan mempelajari materi gradien dari dari suatu garis setelah
mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.3.1. Siswa dapat menanamkan
sikap teliti dengan memelajari materi gais lurus melalui operasi hitung
perbandingan komponen garis lurus untuk menentukan gradien tertentu setelah
mendapat penjelasan dari guru dengan baik
1.6.4.1. Siswa dapat
menampilkan sifat teliti dalam menentukan persamaan garis lurus dengan gradien
tertentu setelah mendapat penjelasan dari guru dengan baik
B.
Keterampilan sosial
1.6.1.1. Siswa dapat
menampilkan sikap tanya jawab dalam diskusi setelah mendapat penjelasan dari
guru dengan baik
Psikomotor
1.6.1.1.1. Siswa dapat
menggabungkan beberapa garis yang memilki sifat yang sama setelah mendapat
penjelasan dari guru dengan tepat
1.6.2.1.1. Siswa dapat memilah
beberapa garis lurus yang merupakan gradien setelah mendapat penjelasan dari
guru dengan tepat
1.6.3.1.1. Siswa dapat
mendemonstrasikan persamaan garis lurus dengan gradien tertentu kedalam
koordinat cartesius setelah mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
1.6.4.1.1. Siswa dapat melatih
keterampilan dalam membuat garis lurus dengan menggunakan penggaris setelah
mendapat penjelasan dari guru dengan tepat
Kisi –kisi penilaian
Nomor
indikator
|
Nomor
tujuan pembelajaran
|
Penilaian
|
Kunci
jawab
|
||
Prosedur
|
Jenis
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
|||
Kognitif
1.6.1
1.6.2
|
1.6.1
1.6.2
|
Proses
Proses
|
Non
tes
Non
tes
|
Lembar
pengamatan
Lembar
pengamatan
|
Rubrik
|
1.6.3
|
1.6.3
|
Proses
|
Tes
|
Soal 1
|
Rubrik
kognitif 1
|
1.6.4
|
1.6.4
|
Proses
|
Tes
|
Soal 2
|
Rubrik
kognitif 2
|
|
|
|
|
Soal 3
|
Rubrik
kognitif 3
|
|
|
|
|
Soal 4
|
Rubrik
kognitif 4
|
Afektif
|
|
|
|
|
|
1.6.1.1
1.6.1.2
1.6.2.1
1.6.3.1
1.6.4.1
|
1.6.1.1
1.6.1.2
1.6.2.1
1.6.3.1
1.6.4.1
|
Proses
|
Non
tes
|
Lembar
pengamatan sikap
|
Rubrik
afektif
|
Psikomotor
1.6.1.1.1
1.6.2.1.1
1.6.3.1.1
1.6.4.1.1
|
1.6.1.1.1
1.6.2.1.1
1.6.3.1.1
1.6.4.1.1
|
Proses
|
Non
tes
|
Lembar
pengamatan kinerja
|
Rubrik
psikomotor
|
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment