Kegiatan Penyajian
Pembelajaran dilakukan pada materi
“Aljabar” yang diberikan di kelas VII semester 1. Adapun Kompetensi Dasar dan
Indikatornya adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
3.5
Menjelaskan bentuk aljabar dan
melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian)
|
3.5.1.
Mendeskripsikan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
3.5.2.
Menentukan operasi pada bentuk aljabar
3.5.3.
Menemukan selesaian operasi penjumlahan dan
pengurangan pada bentuk aljabar
3.5.4.
Menemukan selesaian operasi perkalian dan
pembagian pada bentuk aljabar
|
Kegiatan pembelajaran Indikator 3.5.3. menggunakan
model Problem Based Learning
No.
|
Fase-Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||||||||||||
1.
|
Fase I
Orientasi siswa pada masalah
|
Misalnya
ketika seorang siswa disuruh ibunya membeli satu kilogram gula dan satu
kilogram tepung untuk membuat kue. Ternyata bahan yang diperlukan masih
kurang. Kemudian anak itu disuruh lagi untuk membeli satu kilogram telur.
Berapa banyak belanjaan yang anak itu beli?
Adik
membeli dua kilogram gula dan 2 kilogram tepung, sedangkan kakak membeli satu
kilogram gula dan satu kilogram tepung.
Berapa banyak gula dan tepung yang dibeli kakak dan adik tersebut?
|
||||||||||||
2.
|
Fase II
Mengorganisasi siswa untuk belajar
|
a.
Siswa
mengidentifikasikan pertanyaan/ permasalahan yang diberikan oleh guru
b.
Setelah siswa dapat
mengidentifikasi pertanyaan yang diberikan guru, selanjutnya guru mengarahkan
siswa ke permasalahan yang lain.
c.
Guru memberikan arahan ke
siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai benda-benda yang
sudah mereka tuliskan. Kemudian siswa A dan siswa B saling menjodohkan dari
masing-masing benda yang mereka tulis.
d.
Guru memberikan beberapa
potongan kertas dan menyuruh masing-masing siswa memilih tiga benda yang
telah mereka tentukan.
|
||||||||||||
|
|
|
||||||||||||
3.
|
Fase III
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
a.
Melalui diskusi terbimbing dan menggunakan LKS, siswa
diarahkan untuk dapat menentukan mana benda yang sejenis dan tak sejenis.
(Hal ini dalakukan untuk menanamkan konsep suku sejenis dan suku tak sejenis.
b.
Selanjutnya siswa diarahkan
untuk memisalkan benda-benda tersebut dengan variabel).
c.
Guru mengingatkan kembali
mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan.
d.
Salah satu siswa memberikan
contoh mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan. Kemudian operasi
tersebut digunakan untuk membantu
memecahkan masalah.
|
||||||||||||
4.
|
Fase IV
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Membantu
siswa dalam merencanakan dan menyiapkan laporan hasil diskusi
|
||||||||||||
5.
|
Fase V
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
a. Siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan
kelompoknya di depan kelas.
b. Guru bersama siswa yang lain mencermati hasil
pekerjaan dari kelompok presentasi dan mengevaluasinya.
c. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari pada
pertemuan ini.
|
No comments:
Post a Comment