v Nama
Sekolah : SMA
v Mata
Pelajaran : Matematika.
v Kelas
/ Semester : IX / Genap.
v Standar
Kompetensi : 6. Menggunakan konsep limit
fungsi dan turunan fungsi
dalam pemecahan masalah.
v Kompetensi
Dasar : 6.1 Menjelaskan secara
intuitif arti limit fungsi disuatu
titik dan di takhingga.
v Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
v Indikator :
INDIKATOR
|
NILAI KARAKTER
|
6.1.1
Mengenalkan konsep limit.
6.1.2
Menjelaskan arti limit fungsi disatu titik
melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut.
6.1.3
Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga
melalui grafik dan perhitungan.
|
-
Rasa ingintahu.
-
Rasa ingin tahu
-
Rasa ingintahu.
|
v Tujuan
Pembelajaran :
6.1.1
Setelah guru mengenalkan konsep limit fungsi siswa
dapat memahami konsep limit fungsi tersebut dengan benar.
6.1.2
Setelah guru menjelaskan arti limit fungsi di
satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut siswa dapat
memahami pengertian limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai
disekitar titik tersebut dengan benar.
6.1.3
Setelah guru menjelaskan arti limit fungsi di
tak berhingga melalui grafik dan perhitungan siswa dapat memahami pengertian
limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan dengan benar.
v Materi
Ajar : Pengertian Limit
Fungsi
v Metode
Pembelajaran :
Ø Strategi : Siswa Aktif Belajar
Ø Pendekatan : Ceramah,
Ø Metode : Tanya jawab, diskusi.
Ø Model : Kooperatif ( Numbered Head
Together)
v Langkah
Kegiatan :
Pertemuan 1.
Syntak
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan :
-
Guru mengingatkan kembali materi yang ada
hubunganya dengan materi yang akan dipelajari yaitu limit fungsi.
-
Guru memberitahukan materi yang akan
dipelajari yaitu tentang pengertian limit fungsi.
|
-
Rasa ingintahu.
-
Rasa ingintahu.
|
5 menit.
5 menit.
|
|
Tahap 1 :
(Penomoran)
Tahap 2 :
( Mengajukan
Pertanyaan )
Tahap 3 :
( Berfikir
Bersama )
Tahap 4 :
( Menjawab )
|
Inti :
-
Guru menyampaikan materi tentang pengertian
limit fungsi.
-
Guru membagi siswa kedalam kelompok 3-5 orang
dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5.
-
Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada
siswa. Pertanyaan dapat bervariasi yang berkaitan dengan arti limit fungsi disatu titik melalui
perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut ataupun arti limit tak
hinnga dengan menggunakan garfik.
-
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban
pertanyaan dan meyakinkan tiap anggota kelompoknya mengetahui jawaban tim.
-
Guru memanggil suatu nomor tertentu , kemudian
siswa yang nomornya sesuai menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.
|
-
Rasa ingintahu.
-
Bersahabat / komunikatif.
-
Kerjasama.
-
Kerjasama.
-
Tanggungjawab.
|
20 menit.
5 menit.
5 menit.
15 menit.
20 menit.
|
Penutup :
-
Guru menyimpulkan secara keseluruhan tentang
materi yang telah dipelajari yaitu tentang pengertian limit fungsi.
-
Guru memberikan PR.
|
-
Kreatif.
-
Mandiri.
|
10 menit.
5 menit.
|
v Sumber
dan Media Belajar :
1. Sumber
:
a.
Djaelani, Sri Maryanti.2008.Matematika XI-IPA.Jakarta: CV. MEDIATAMA.
b.
H. Sunardi – Slamet Waluyo, Sutrisno – H.
Subagya.2005.Matematika kelas XI Program
studi Ilmu Sosial dan Bahasa.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
c.
Willa Adrian Soekotjo Loedji.2006.Matematika Bilingual.Bandung:CV.
YRAMAWEDYA.
2. Media : LKS, PPT, Modul.
v Penilaian :
1.
Prosedur :
Awal , proses , akhir
2.
Jenis :
tes tulis dan non tes.
3.
Bentuk/alat :
Lembar pengamatan kerja, lumbar pengamatan sikap
4.
Tindak Lanjut :
≥ KKM : Pengayaan
< KKM :
Remidi
Kediri , …………..
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
……………….. .............................
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment