RPP
Satuan pendidikan : SMP
Mata pelajaran :
matematika
Kelas/semester :
VIII/II
Alokasi waktu : 6 x
40 menit
Standar
kompetensi
3. Menggunakan teorema Pythagoras
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
dasar
3.2. memecahkan masalah pada bangun
datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras.
I. Indikator
a.
Kognitif
3.2.1. menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku
istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras.
3.2.2. menghitung panjang sisi – sisi segitiga siku – siku
istimewa.
b.
Afektif
1.
Nilai
kepribadian bangsa
3.2.1.1.1.menanamkan
sikap teliti dalam menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku
istimewa.
3.2.1.1.2.melatih
mengelola sikap tekun dalam menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku –
siku istimewa.
3.2.1.1.3.melatih
membangun sikap pantang menyerah dalam menemukan perbandingan sisi – sisi
segitiga siku – siku istimewa.
3.2.1.2.1.menanamkan
sikap teliti dalam menyelesaikan masalah
menghitung panjang sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa.
3.2.1.2.2.melatih
mengelola sikap tekun dalam menyelesaikan masalah menghitung panjang sisi –
sisi segitiga siku – siku istimewa.
3.2.1.2.3.melatih
membangun sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah menghitung panjang
sisi –sisi segitiga siku – siku istimewa.
2.
Ketrampilan
social
3.2.2.1.1.melatih
menampilkan sikap kerjasama saat berdiskusi dalam proses menemukan perbandingan
sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa.
3.2.2.1.2.melatih
menampilkan sikap mau mengemukakan pendapat dalam proses menemukan perbandingan
sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa.
3.2.2.1.3.melatih
membangun sikap menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi dalam proses
menemukan perbandingan sisi –sisi segitiga siku – siku istimewa.
3.2.2.2.1.melatih
menampilkan sikap mau mengemukakan pendapat saat menyelesaikan masalah.
3.2.2.2.2.melatih
membangun sikap menghargai pendapat orang lain saat menyelesaikan masalah.
c.
Psikomotor
3.2.1.1.ketrampilan
dalam menggambaregitiga siku – siku.
3.2.1.2.ketrampilan
dalam menggunakan operasi hitung untuk menemukan perbandingan sisi – sisi
segitiga siku – siku istimewa.
3.2.2.1.ketrampilan
dlam menggunakan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah.
II. Tujuan
pembelajaran
a.
Kognitif
3.2.1.siswa
dapat menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa dengan
menggunakan teorema Pythagoras dengan benar.
3.2.2.siswa
dapat menghitung panjang sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa setelah
menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa dengan benar.
b.
Afektif
1.
Nilai
kepribadian bangsa
3.2.1.1.1.siswa
dapat menanamkan sikap teliti dalam menemukan perbandingan sisi –sisi segitiga
siku – siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras dengan baik.
3.2.1.1.2.siswa
dapat melatih mengelola sikap tekun dalam menemukan perbandinagn sisi – sisi
segitiga siku – siku istimewa menggunakan teorema Pythagoras dengan baik.
3.2.1.1.3.siswa
dapat melatih membangun sikap pantang menyerah dalam menemukan perbandingan
sisi – sisi segitiga siku –siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras
dengan baik.
3.2.1.2.1.siswa
dapat menanamkan sikap teliti dalam menyelesaikan masalah panjang sisi –sisi
segitiga siku –siku istimewa setelah menemukan perbandingan sisi – sisi
segitiga istimewa dengan baik.
3.2.1.2.2.siswa
dapat melatih mengelola sikap tekun dlam menyelesaikan masalah menghitnung
panjang sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa setelah menemukan
perbandingan sisi – sisi nya dengan baik.
3.2.1.2.3.siswa
dapat melatih membangun sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan masalah
menghitung panjang sisi –sisi segitiga siku – siku istimewa setelah menemukan
perbandingan sisi – sisinya dengan baik
2.
Keterampilan
social
3.2.2.1.1.siswa
dapat melatih menampilkan sikap kerjasama saat berdiskusi dalam proses
menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa dengan baik.
3.2.2.1.2.siswa
dapat melatih menampilkan sikap mau mengemukakan pendapat dalam proses
menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa dengan baik.
3.2.2.1.3.siswa
dapat melatih membangun sikap menghargai pendapat orang lain saat berdiskusi
dalam proses menemukan perbandingan sisi –sisi segitiga siku – siku istimewa
dengan baik.
3.2.2.2.1.siswa
dapat melatih menampilkan sikap mau mengemukakan pendapat saat menyelesaikan
masalah dengan baik.
3.2.2.2.2.siswa
dapat melatih membangun sikap menghargai pendapat orang lain saat menyelesaikan
masalah dengan baik.
c.
Psikomotor
3.2.1.1.siswa
dapat menampilkan ketrampilan dalam menggambar segitiga siku – siku dengan tepat.
3.2.1.2.siswa dapat menampilkan ketrampilan dalam menggunakan
operasi hitung untuk menemukan perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku
istimewa tepat.
3.2.2.1.siswa
dapat menampilkan ketrampilan dlam menggunakan operasi hitung untuk
menyelesaikan masalah dengan tepat.
III.
Materi pembelajaran
1.
Teorema Pythagoras
IV. Model
pembelajaran
Model : syinectic
Strategi : SAB (Siswa Aktif Belajar)
Pendekatan : ceramah, Tanya jawab
Metode : diskusi, presentasi, penemuan
V. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke 1
Tahap
(sintak)
|
Kegiatan
pembelajaran
(scenario pembelajaran)
|
Strategi/
pendekatan
|
Nilai budaya/
karakter
bangsa
|
Alokasi waktu
|
|
1.
Pendahuluan
·
Guru memasuki
kelas dan mengucapkan salam
·
Guru
mengulang materi tentang teorema Pythagoras sebelum masuk ke topic baru
|
·
Ceramah
|
|
5’
|
|
·
Siswa
mendengarkan informasi tentang topic baru yaitu perbandingan sisi – sisi
segitiga siku – siku istimewa dari guru
|
·
SAB
|
|
5’
|
1.
Input
substantif
|
2.
Inti
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu menemukan perbandingan sisi – sisi
segitiga siku – siku istimewa.
|
·
Ceramah
|
|
|
|
·
Siswa
membentuk kelompok yang terdiri dari 4 anggota.
|
·
SAB
|
|
5’
|
|
·
Siswa
berkumpul pada kelompok masing – masing.
|
·
SAB
|
|
|
2.
Analogi
langsung
|
·
Setiap
kelompok menggambar beberapa segitiga siku – siku istimewa dengan besar sudut
60o yang panjang sisinya berbeda tiap segitiga sesuai dengan
perintah guru (tugas terlampir)
|
·
SAB
|
· Kerjasama
|
45’
|
3.
analogi
personal
|
·
tiap kelompok
menghitung perbandingan sisi – sisi segitiga siku – siku istimewa yang telah
dibuat dengan menggunakan teorema Pythagoras sesuai dengan instruksi dari
guru.
|
· Diskusi
· Penemuan
|
·
Teliti
|
|
4.
Membandingkan
analogi –analogi.
|
·
Guru meminta
siswa untuk membandingkan hasil perhitungan perbandingan sisi – sisi segitiga
yang telah dibuat.
|
·
Diskusi
|
·
Kerjasama
|
|
5.
Menjelaskan
perbedaan – perbedaan.
|
·
Siswa mengidentifikasi
perbedaan – perbedaan dari hasil perhitungan sesuai dengan perintah guru.
|
·
SAB
|
·
Teliti
|
|
6.
Eksplorasi
masalah
|
·
Perwakilan
tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas sesuai
dengan perintah dari guru.
|
·
Presentasi
|
|
|
7.
Membuat
analogi
|
·
Siswa
melengkapi hasil kerja kelompok setelah mendapat masukan/saran saat
presentasi dan membuat kesimpulan tentang perbandingan sisi –sisi segitiga
siku – siku istimewa.
|
·
SAB
|
·
Menghargai
pendapat orang lain.
|
5’
|
|
·
Siswa
mengumpulkan hasil kerja kelompok.
|
· SAB
|
|
|
|
·
Siswa
mengerjakan soal post test
|
· SAB
|
|
10’
|
|
3.
Penutup
·
Guru
memberikan kesimpulan dari pertemuan ini.
|
· Ceramah
|
|
5’
|
|
·
Guru
mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam.
|
· Ceramah
|
|
VI. sumber dan media pembelajaran
1.
Sumber : Nurharini, Dewi, Triwahyuni. 2008.
Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
2.
Media
: LKS, Modul, Buku cetak, dan
alat peraga special iron.
VII. Penilaian
1.
Prosedur : proses dan akhir
2.
Jenis : tes dan non tes
3.
Bentuk/alat : lembar pengamatan unjuk kerja, lembar
pengamatan sikap, soal pilihan ganda dan soal uraian.
4.
Tindak
lanjut : Jika nilai di atas KKM maka
siswa diberikan pengayaan, jika nilai di bawah KKM maka diberikan remidi.
Kediri,
Kepala sekolah
|
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(
)
|
(
)
|
Terima Kasih atas kunjungannya dan Semoga Bermanfaat jangan lupa komentarnya untuk membangun blog ini untuk menjadi semakin baik. Mohon maaf jika ada postingan yang kurang berkenan di hati anda.
No comments:
Post a Comment