Monday, November 14, 2016

CONTOH RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF

RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF

1.      RUBRIK 2
Nilai karakter bangsa
a.       Aspek yang dinilai : sikap teliti
b.      Jenis penilaian : non tes
c.       Bentuk penilaian : lembar penilaian diri
d.      Indikator karakter teliti :
- selalu mencermati soal yang diberikan sebelum memulai mengerjakan
- selalu mengerjakan soal dengan tidak tergesa – gesa
- selalu mengerjakan soal sesuai urutan pengerjaan yang benar
- selalu memeriksa kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan

e.       Format Penilaian  Diri
Berilah tanda centang (Ö) pada pernyataan yang sesuai dengan keadaan yang berlangsung saat KBM

No
Pernyataan
Tanggapan
S
K
T
1.       
Saya selalu mencermati soal yang diberikan sebelum memulai mengerjakan



2.       
Saya selalu mengerjakan soal dengan tidak tergesa – gesa



3.       
Saya elalu mengerjakan soal sesuai urutan pengerjaan yang benar



4.       
Saya selalu memeriksa kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan




Keterangan : S = selalu
K = kadang – kadang
T = tidak pernah

f.        Rubrik Penilaian  (Rubrik 2)
No. pernyataan
Jawaban
Skor
Total skor
1, 2, 3, dan 4
S
3
6
K
2
T
1






2.      RUBRIK 3
Keterampilan social
a.       Aspek yang dinilai :
-          Berpendapat
-         Mendengarkan orang lain
-         Bekerjasama
b.      Jenis penilaian : non tes
c.       Bentuk penilaian : lembar pengamatan
d.      Rubrik penilaian
Skor
a.       berpendapat
b.      Mendengarkan orang lain
c.       Bekerjasama
3
Mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan atau pernyataan dari teman atau guru minimal 3 kali
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara
Saling mengemukakan ide dalam mengerjakan tugas dalam kelompok
2
Mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan atau pernyataan dari teman atau guru 1- 2  kali
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa kadang – kadang mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara
Kadang siswa menggantungkan jawaban pada teman dalam pelaksanaan kerja kelompok
1
Tidak mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan atau pernyataan dari teman atau guru sama sekali
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa tidak pernah mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara
Siswa bekerja sendiri – sendiri atau tidak mengerjakan sama sekali

e.       Format penilaian
Isilah lembar pengamatan berikut ini sesuai dengan keadaan yang terjadi saat KBM berlangsung sesuai petunjuk penilaian rubrik afektif dengan menggunakan skor 3, 2, atau 1.
No
Nama

Aspek yang dinilai

Total skor
Nilai
a. berpendapat
b.       mendengarkan orang lain
c. bekerjasama
1






2






3






4






5






Dst.








No comments:

Post a Comment