RUBRIK
PENILAIAN AFEKTIF
1.
RUBRIK
2
Nilai karakter bangsa
a.
Aspek
yang dinilai : sikap teliti
b.
Jenis
penilaian : non tes
c.
Bentuk
penilaian : lembar penilaian diri
d.
Indikator
karakter teliti :
- selalu mencermati soal yang diberikan sebelum memulai mengerjakan
- selalu mengerjakan soal dengan tidak tergesa – gesa
- selalu mengerjakan soal sesuai urutan pengerjaan yang benar
- selalu memeriksa kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan
e.
Format
Penilaian Diri
Berilah tanda centang (Ö) pada pernyataan yang sesuai dengan keadaan yang berlangsung saat
KBM
No
|
Pernyataan
|
Tanggapan
|
||
S
|
K
|
T
|
||
1.
|
Saya selalu
mencermati soal yang diberikan sebelum memulai mengerjakan
|
|
|
|
2.
|
Saya selalu
mengerjakan soal dengan tidak tergesa – gesa
|
|
|
|
3.
|
Saya elalu
mengerjakan soal sesuai urutan pengerjaan yang benar
|
|
|
|
4.
|
Saya selalu
memeriksa kembali hasil pekerjaan sebelum dikumpulkan
|
|
|
|
Keterangan : S = selalu
K = kadang – kadang
T = tidak pernah
f.
Rubrik
Penilaian (Rubrik 2)
No.
pernyataan
|
Jawaban
|
Skor
|
Total skor
|
1, 2, 3, dan
4
|
S
|
3
|
6
|
K
|
2
|
||
T
|
1
|
2.
RUBRIK
3
Keterampilan social
a.
Aspek
yang dinilai :
-
Berpendapat
-
Mendengarkan
orang lain
-
Bekerjasama
b.
Jenis
penilaian : non tes
c.
Bentuk
penilaian : lembar pengamatan
d.
Rubrik
penilaian
Skor
|
a.
berpendapat
|
b.
Mendengarkan
orang lain
|
c.
Bekerjasama
|
3
|
Mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan atau
pernyataan dari teman atau guru minimal 3 kali
|
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa
mendengarkan dan memperhatikan jika orang lain berbicara
|
Saling mengemukakan ide dalam mengerjakan tugas dalam kelompok
|
2
|
Mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan atau
pernyataan dari teman atau guru 1- 2
kali
|
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa kadang – kadang mendengarkan
dan memperhatikan jika orang lain berbicara
|
Kadang siswa menggantungkan jawaban pada teman dalam pelaksanaan
kerja kelompok
|
1
|
Tidak mau menanggapi/menyanggah/memberi saran/menjawab pertanyaan
atau pernyataan dari teman atau guru sama sekali
|
Pada saat diskusi kelompok/kelas siswa tidak pernah mendengarkan
dan memperhatikan jika orang lain berbicara
|
Siswa bekerja sendiri – sendiri atau tidak mengerjakan sama
sekali
|
e.
Format
penilaian
Isilah lembar
pengamatan berikut ini sesuai dengan keadaan yang terjadi saat KBM berlangsung
sesuai petunjuk penilaian rubrik afektif dengan menggunakan skor 3, 2, atau 1.
No
|
Nama
|
|
Aspek yang dinilai
|
Total skor
|
Nilai
|
|
a. berpendapat
|
b.
mendengarkan orang lain
|
c. bekerjasama
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment